"Keutamaan dan kewajiban seorang suami untuk berbuat baik kepada istrinya ^^"



Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wasallam bersabda:
"Orang yang paling sempurna keimanannya di kalangan orang-orang mu'min adalah orang yang paling baik akhlaqnya. Sebaik-baik kalian adalah orang-orang yang terbaik bagi istri-istrinya."
Dihasankan oleh Imam At-Tirmidzi.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk yang dia tidak akan lurus di atas satu jalan untukmu. Apabila kamu bersenang-senang dengannya, maka kamu akan dapat bersenang-senang dengannya anmun di dalamnya ada kebengkokan. Apabila kamu hendak meluruskannya, maka kamu dapat menghancurkannya dan kehancurannya adalah menceraikannya."
HR. Muslim

"Diriwayatkan dari Mu'awiyah  bin Haidah Al-Qusyairi rahimallah, dia berkata:Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, apakah hak istri seorang dari kami atas dirinya? Beliau Shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: :"Kamu memberikannya makan apabila kamu makan, kamu memakaikannya pakaian apabila kamu memakai pakaian, kamu tidak memukul wajah, kamu tidak menjelek-jelekkannya dan kamu tidak meninggalkannya kecuali di dalam rumah."
HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Syaikh Al-albani.

Imam An-Nawawi rahimallah berkata: Janganlah membencinya, karena apabila dia mendapatkan perangai yang dia benci dari dirinya, bisa jadi dia  juga mendapatkan perangai yang dia sukai padanya, yaitu bisa jadi wanita itu kasar namun memiliki agama, cantik atau dapat menjaga kehormatan dirinya.

Komentar

Postingan Populer