Tarian Lebah oleh Dr. Zakir Naik



"Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, 'Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.' Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempulah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir." (Qs. An-Nahl:68-69)

Von-Frisch hadiah Nobel pada tahun 1973 karena penelitiannya pada perilaku dan komunikasi lebah. Seekor lebah setelah berhasil menemukan taman atau bunga yang baru, maka ia akan segera kembali dan memberitahu lebah lainnya terkait arah yang tepat menuju tempat baru yang telah ia temukan. Perilaku lebah ini dinamanakan dengan tarian lebah.


Gerakan lebah ini bermakna mengirimkan informasi antara lebah pekerja. Fenomena ini telah diteliti dan ditemukan secara ilmiah dengan menggunakan fotografi dan beberapa metode penelitian.

Al-Qur'an menyebutkan dalam ayatnya di atas bagaimana lebah memiliki keterampilan ini karena anugerah dari Allah 'Azzawajallah.

Adapun lebah pekerja dan lebah prajurit adalah lebah betina.

Dalam surat An-Nahl di atas, dhomir (kata ganti) yang dipakai menunjukkan bahwa mereka adalah lebah betina (fasluki dan kulli), menunjukkan bahwa lebah yang meninggalkan sarang untuk mencari makan adalah lebah betina.

Dengan kata lain, yang bertugas sebagai pekerja dan prajurit adalah lebah betina.

Dalam buku "Henry the Fourth" William Shakespeare menyebutkan tentang lebah. Buku inni ditulis pada tahun 1957. Ia menyebutkan bahwa lebah prajurit memiliki raja. Mereka berpikir bahwa para lebah pekerja adalah lebah jantan. Lebah jantan keluar dari sarang dan mempertanggungjawabkan semuanya kepada sang raja. Namun, ini tidak benar. Lebah pekerja adalah lebah betina dan mereka tidak bekerja untuk sang raja melainkan bekerja untuk sang ratu lebah.

Dibutuhkan waktu lebih dari 300 tahun untuk menemukan fakta ini.

Semoga bermanfaat
Sumber : Buku Miracles of Al-Qur'an dan As-Sunnah (AQWAM: Jembatan Ilmu)
*Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh*

Komentar

Postingan Populer