PSR 1434 H oleh Prof. dr, Veni Hadju, M.Sc P.Hd




Ini adalah kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para muslim dan muslimah setiap tahunnya untuk mempersiapkan bulan Ramdhannya agar mampu menjadi finalis Ramadhan. Kegiatan Penataran Seputar Ramdhan (PSR) ini selalu dihadiri oleh ribuan muslim yang betul-betul mengharapkan ramdhannya  bisa bermanfaat dan mendapatkan banyak pahala di sisi Allah subhanahuwata’ala. Prof Veni (Guru besar Fakultas  Kesehatan Masyarakat Unhas) ini membawakan materi pertama dengan judul “Sehat dengan Ramdhan”, ini dia nih isi materinya, semoga bermanfaat :)
 
Berpuasa bukan hanya sebuah kewajiban dan sunnah untuk dilakukan oleh orang-orang islam, namun berpuasa juga ternyata dilakukan oleh orang-orang kafir. Namun berbeda dengan orang islam tujuan utama untuk melakukan puasa adalah untuk mendapatkan limpahan pahala dari Allah subhanahuwata’ala, sedangkan orang-orang kafir berpuasa dengan tujuan untuk menambah kesehatan atau membuat tubuh tidak berpenyakit. Ada juga yang berpuasa untuk penyembuhan dari penyakit yang dideritanya seperti diabetes dan maag. Seberapa kali pun orang kafir melakukan puasa maka sedikitpun tidak ada pahala yang didapatkan. Sementara itu orang islam yang berpuasa selain mendapatkan pahala dari Allah sekaligus mendapatkan kenikmatan kesehatan tubuhnya.

Kondisi  masyarakat kita di Indonesia menurut Studi Nasional yang dilaksanakan tahun 2007 memberikan informasi bahwa masyarakat yang meninggal 1 tahun terakhir penyebabnya karena :stroke, hipertensi, cedera (kecelakaan lalu lintas), kelahiran atau ibu melahirkan, diabetes, kanker, jantung dan paru-paru, serta penyakit pernapasan bagian bawah akibat merokok.

Semua penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Bahkan di Desapun memiliki jenis penyakit yang  sama dengan penyakit penduduk perkotaan. Begitupun bagi perempuan dan laki-laki semuanya sama.

Sebenarnya jenis penyakit ini semuanya bisa dihindari dengan berpuasa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dengan rajin berpuasa maka umur bisa mencapai 100 tahun lebih. 

Berapa kadar gula dalam satu teh kotak ? terdapat sektiar 26 gram kadar gula. Dan ini bisa menambah berat badan dimana salah satu penyebab kematian adalah obesitas (berat badan berlebih) karena banyaknya lemak yang ada di dalam tubuh manusia.

Perut membuncit  termasuk lemak beracun sehingga efek perut besar itu sangat negative. Bahkan di Jepang setiap tahunnya, para pejabat harus diukur lingkar perutnya, jika ketahuan perutnya mengalami pertambaham maka pejabat tersebut akan diturunkan  jabatannya bahkan terancam untuk diberhentikan, karena mereka yakin orang yang memiliki perut buncit memiliki penyakit sehingga boleh jadi menggunakan uang Negara untuk membayar perawatan kesehatannya.

Semua gaya hidup termasuk emosi merupakan salah satu penyebab kematian, karena orang marah mukanya  akan bertambah merah, hormon-hormon di dalam tubuhnya menjadi hancur dan jantung pun berdetak lebih kencang.  Orang pemarah 6 tahun lebih cepat meninggal. Sementara dengan berpuasa maka kita akan terhindar dari sifat marah karena salah satu yang harus dipenuhi agar amalan puasa kita diterima oleh Allah adalah menahan marah dan harus banyak-banyak bersabar.

Mengapa harus berpuasa ? jika dilihat dari segi kesehatan.

1.       Pertama kita harus mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh kita, karena organ-organ yang ada dalam tubuh kita pun butuh istrahat agar kerjanya kembali sempurna. Ketika kita berpuasa maka maksimal kita bisa mengistirahatkan organ tubuh kita sekitar kurang lebih 6 jam. Karena ketika kita makan maka proses pencernaan dapat  selesai (organ-organ yang ada didalam tubuh bekerja) selama 8 jam, jika kita sahur (makan) jam 04.00 sebagaimana disunnahkannya mengakhiri makan sahur atau mendekati adzan, maka proses pencernaan akan berakhir pada jam 12 siang sehinggga dapat beristirahat selama kurang lebih 6 jam mulai dari jam 12 sampai jam 6 lewat sedikit.

2.       Membersihkan zat-zat pencernaan atau membersihkan detoksfifikasi dari tubuh kita (racun-racun seperti sisa-sisa metabolisme dalam tubuh.

3.       Untuk mengeluarkan simpanan lemak yang ada di dalam tubuh.

4.       Aktifitas hormon akan lebih baik.
Di amerika uji coba pada pasien penyakit diabetes diberi terapi dengan puasa maka akan sembuh.

5.       Bisa memperbaiki  kolesterol, kadar lemak dalam darah, ini sudah ada penelitiannya.
Kata Prof (Praktek-praktek dokter di bulan ramdhan sedikit pasiennya.. namun begitu  habis lebaran banyak lagi pasiennya..) betul juga. Karena selesai lebaran maka orang-orang berlomba-lomba lagi untuk makan sepuasnya.

6.       Penyakit Maag  penyebabnya karena terinfeksi oleh bakteri bukan penyakit karena pikiran atau Strees atau karena tidak makan. Jadi jangan khawatir terkena penyakit maag atau bertambah penyakit maag nya jika berpuasa khususnya di bulan ramdhan. Menurut penelitian yang baru-baru ini sehingga mendapatkan penghargaan akibat penemuannya bahwa maag yang disebabkan oleh bakteri dapat disembuhkan.

Kemudian penelitian yang dilakukan oleh orang Jepang bahwa sel-sel dalam tubuh kita  akan berperilaku sesuai  dengan perilaku orangnya, jika orangnya berperilaku buruk maka sel-sel ini juga akan berperilaku tidak  baik, begitupun sebaliknya. Maka dengan berpuasa yang insya Allah setiap orang bisa berperilaku baik maka sel-sel didalam tubuh pun akan baik. 

Imam syafi’I terkenal  dengan kepintaran den kekuatan hafalannya,  ternyata beliau senantiasa mengamalkan puasa sunnah dan itu dimulainnya sejak masih kanak-kanak, beliau menceritakan sudah 16 tahun tidak pernah kenyang,  rahasia inilah yang membuat para ulama terdahulu dikenal dengan kepintaran, kecerdasan dan kekuatan hafalannya. 

Menurut ilmu biologi, sewaktu  perut penuh dengan makanan maka otak tidak bisa bekerja dengan baik karena otak tidak banyak dialiri oleh pembuluh darah, itulah sebabnya mengapa Rasulullah shallallahualaihi wasallam menyunnahkan kita untuk makan hanya 1/3 dari isi perut.

Tips berpuasa sehat:
·         Jika kamu berbuka maka berbukalah dengan kurma jika tidak ada maka berbukalah dengan air putih.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma:
Kandungan karbohidratnya berkisar sekitar 60% pada ruthab(kurma basah) - dan 70% pada tamr (kurma kering), 20% protein,3% lemak dan sisanya merupakan zat garam mineral dan besi.. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) dan fruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan).

·         Perbanyak memakan buah-buahan.
·         Kurangi makanan yang berlemak seperti goring-gorengan dan sebagainya.

Tips makan sahur:
·         Makanlah  nasi putih sampai ½  atau 1 porsi.
·         Lauk pauk cukup 1 porsi.S
·         Sayur-sayuran 1-2 porsi.

Semoga bermanfaat.
By Aina Al-Farisi







Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer