Bagaimana Cara Membalas Kebaikan Orang Tua Yang Sudah Meninggal?



Pertanyaan:
Selama hidup kedua orang tua saya, sedikitpun belum ada yang saya balas jasanya. Tapi sekarang beliau sudah meninggal. Bagaimana cara saya untuk membalas jasa mereka?

Sulhan, Bogor

Jawaban:
Bismillah...
Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad meriwayatkan dengan sanad yang dhaif, namun maknanya benar. Dari Abu Usaid Malik bin Rabi'ah As-Sa'idi ia berkata, "Ketika kami sedang bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari Bani Salamah datang kepada beliau. Laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal?" Beliau menjawab, "Ya, mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahmi mereka dan memuliakan teman mereka."

Jadi berbakti kepada kedua orang tua sepeninggalnya tetap dilakukan dengan mendoakan dan memintakan ampun bagi keduanya sebagaimana firman Allah azza wa jalla:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: 'Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil'." (Qs. Al-Isra: 24

Juga sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam yang diriwayatkan Muslim:
"Jika meninggal anak cucu Adam, amalan akan terputus kecuali tiga diantaranya anak yang shaleh mendoakannya."

Begitu juga melaksanakan wasiatnya, menyelesaikan perkara yang ia tinggalkan, menyambung silaturahmi ke kerabatnya, bersedekah atas namanya, menghajikan atau mengumrahkannya jika mampu. Semua amalan ini sampai kepadanya insya Allah menurut kesepakatan ulama. Adapun menghadiahkan amalan ibadah lainnya masih diperselisihkan oleh para ulama akan kebolehannya.

Wallahu'alam

Dijawab oleh: Ustadz Ayyub Soebandi Hafidzahullah
Group WA Belajar Islam Intensif BII

Semoga bermanfaat
*Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh*

Baca juga:

Komentar

Postingan Populer