Malam Pertama Penikahan Haruskah Shalat Sunnah Secara Berjamaah?Suara Di Sirr atau Di Dzharkan?



Pertanyaan:
Assalamu'alaykum.
Ana mau bertanya ust, ana mau nikah apa ada sunnahnya setelah ijab kabul dan malam pertama ada sholat sunnahnya? Kalau ada apa berjam'ah dengan istri dan di siir apa di dzharkan suaranya?

Jawaban:
Wa'alaykumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillah...
Sebelumnya saya doakan semoga pernikahannya diberikan berkah dan rahmat oleh Allah ta'ala

Shalat sunnah dua rakaat berjamaah bagi pengantin dilakukan sebelum melakukan hubungan suami istri atau sebelum melewatkan malam-malam atau waktu secara berduaan. Tentunya bila shalat ini dilakukan disiang hari maka hendaknya disirrkan bacaannyakarena secara umum shalat di siang hari di sirrkan. Adapun bila dilakukan di malam hari maka disunnahkan dijaharkan bacaannya lantaran shalat malam bacaannya di jaharkan secara umum.

Dalil disunnahkannya shalat sunnah dua rakaat bagi dua pasangan pengantin adalah beberapa atsar dari para sahabat nabi, diantaranya: Atsar dari Abu Dzar dan Hudzaifah radhiyallahu'anhuma bahwa mereka mengajarkan Abu Said Maula Abu Usaid ketika menikah: 'Ketika anda menemui istri anda, maka shalatlah dua rakaat. Kemudian memhonlah kepada Allah Ta'ala dari kebaikan yang dimasukkan kepada anda. Dan berlindunglah darinya. Kemudian setelah itu urusan anda dengan istri anda." (HR Ibnu Abu Syaibah dalam Mushannaf, 3/401dan Abdur Raazzaq di 'Mushannaf, 6/191 serta dinilai shahih oleh syekh Al-Albany dalam adab Az-Zafaf, hal 22). 

Juga atsar Ibnu Mas'ud radhiyallahu'anhu, ia berkata:"Kalau dia (isteri) menemui anda, perintahkan dia shalat dua rakaat di belakang anda." (HR. Ibnu Abu Syaibah di Mushonnaf, 3/402 dan Abdurrazzaq dalam Al-Mushannaf, dinilai shahih oleh Syekh Al-Albany dalam Adabuz Zafaf hal 24). Wallahu'alam

Dijawab oleh: UIstadz Maulana La Eda, Lc Hafidzahullah (Mahasiswa S2 Jurusan Ilmu Hadits Universitas Islam Madinah)
Group WA Belajar Islam Intensif

Semoga bermanfaat,
By: Aina Azzahrah
*Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh*


Baca Juga:

Komentar

Postingan Populer