Ibu Susuan Rasulullah


Yang menyusui Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam adalah Halimah binti Abi Dzuaib as-Sa'diyah dan nampaklah keberkahan karena keberadaan Nabi shallallahu'alalihi wasallam disisinya.

Wanita pertama yang menyusui Rasulullah shallallahu'alaihil wasallam adalah Tsuwaibah yang merupakan mantan budak wanita Abu Lahab, yang sebelumnya juga telah menyusui Hamzah bin Abdil Muththolib

"...Tsuwaibah menyusuiku bersama Abu Salamah..."(Lihat HR.Bukhari 9/43 dan Muslim 10/25-27)

Menjadi tradisi di kalangan orang-orang Arab adalah mencari wanita di pedapalaman yang dapat menyusui bayi mereka sebagai tindakan preventif dari penyakit yang banyak menular di perkotaan. Juga agar anak mereka menjadi kuat serta lisan dan bahasanya terjaga.

Abdul Muththolib memilih seorang wanita dari kalangan Bani Sa'ad bin Bakr yaitu Halimah binti Abi Dzuaib untuk menysui Nabi shallallahu'alaihi wasallam.
Di Halimah, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam memiliki saudara sesusuan yaitu Abdullah bin al Harits, Anisah bintial-Harits, Abu Sufyn bin al-Harits bin Abdl Muththolib dan Hamzah bin abdil Muththolib. Dengan demikian Hamzah paman Nabi shallallahu'alaihi wasallam merupakan saudara sesusuan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam dari dua sisi yaitu Tsuwaibah dan Halimah.

Halimah merasakan keberkahan serta peristiwa yang ajaib sejak kehadiran Rasulullah ditengah keluarganya. Diantaranya: Asi Halimah menjadi banyak, padahal sebelumnya tidak bisa tidur karena tangis bayinya yang kelaparan. Unta tua milik Halimah juga tiba-tiba memiliki susu yang banyak. Unta betina yang ditunggangi oleh Halimah beserta Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam sanggup menempuh perjalanan yang tidak sanggup dilakukan unta-unta yang lainnya. Dan sesampainya di kampung Bani Sa'ad yang terkenal sangat tandus, kambing-kambing tampak kenyang dan memiliki air susu yang banyak. (Peristiwa ini terdapat di HR Abu Ya'la 7158, Ibnu Hisyam 124. Adz-Dzahabi mengatakan hadits ini diperselihkan oleh para ulama)

Wanita lain yang juga menyusuinya adalah ummu Aiman, nama aslinya Barkah binti Tsa'labah yakni mantanl budak beliau yang didapatkannya dari ayahnya.

Wallahu ta'ala a'lam
Oleh:  Ustadz Abu Abdirrazzaq Marzuki Umar Lc

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabaraktuh
By : Aina Azzahrah 




Komentar

Postingan Populer